Pages

Subscribe Twitter

Minggu, 04 Desember 2011

wisata liar negri jepang

Di Nagano city : banyak rumah yang dipenuhi tanaman dan juga kota yang sangat rapi bersih
Bagi saya, Kota Nagano di Jepang adalah suatu Anugerah Keindahan dari Tuhan yang terjaga. Luar Biasa!!! Hm … Sejujurnya, saya belum sempat berjalan jalan ke tempat tempat wisata di Nagano sini sih. Tapi kenapa saya bisa bilang, “Kutemukan Kesegaran di Alam Nagano?” … oke .. cekidot …
SELAYANG PANDANG TENTANG NAGANO
Kota Nagano terletak di Pulau Honshu, satu pulau dengan Tokyo. Jaraknya pun tak terlalu jauh, hanya 1 jam dari Tokyo dengan menggunakan shinkansen atau sekitar 5 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau mobil. Stasiun Utamanya tentu bernama Nagano Eki (Stasiun Kereta Nagano) yang terletak di Nagano city. Di stasiun inilah shinkansen dari arah Tokyo berakhir.
Begitu keluar dari stasiun, tentunya tak akan kita jumpai Mall yang heboh seperti di Jakarta. Hm .. kenapa saya menyebut Jakarta?? Yup, karena bahkan di Tokyo pun, Mall Mall tak sehebring di Jakarta yang guede guede bangets :D Mall Mall di Jepang, tergolong berukuran mini, namun barang dagangannya itu yang super ngempesin kantong alias mahal bujug buneng.
Oke, balik keluar dari stasiun Nagano, bisa saya bilang disini ngga ada Mall :D yang ada cuma galeri galeri atau toko toko yang berdiri secara independent atau pun bergabung beberapa toko dalam satu gedung yang tak terlalu lebar. Hm .. tampaknya memang bukan tempat yang asyik untuk berbelanja ria. Tapiiiii … !!!
Coba lihat pada alam, inilah keunggulan Nagano .. kanan, kini, depan, belakang … wooowww … Nagano benar benar adalah sebuah kota yang dikelilingi oleh ratusan gunung gunung bukit berbukit. Ya ya yaaa dalam perjalanan ke wilayah manapun di kota nagano ini, anda akan menjumpai tumpukan gunung gunung dengan gradasi warna hijau yang bebas dari penebangan liar. Pemandangan yang sungguh sangat indah dan spektakuler (hmmm… menurut saya sih) …
Oya … Tak hanya dikelilingi oleh gunung, tapi coba bayangkan … Dari berbagai sumber yang saya baca, luas wilayah nagano adalah 13.600km persegi (daerah terbesar ke 4 di Jepang) daaannnn … dari seluruh luas yang lebar itu, 78% dari total luas tersebut masih berupa hutan dan 21,4% nya, dijadikan Taman :D Jadi, bisa kebayang ya .. betapa segarnya udara disini. Ups… masih ditambah lagi dengan beredarnya mobil mobil tanpa asap hitam mengebul dari knalpot … jadi meski banyak mobil seliweran, udaranya ngga pagi, ngga siang, ngga sore, ngga malam … seger betuuulll …
Mengapa saya percaya sama persentase yang terdengar ngga masuk akal tersebut???? masak sih 78% adalah hutan dan 21,4% dijadikan taman??? Pemukiman penduduknya kecil banget dong????? Yup … terlepas dari betul tidaknya makalah yang saya baca tersebut (punten aku lupa pernah baca dimana hiks .. jadi saya ngga mencantumkan sumbernya), inilah kenyataan selayang pandang saya:

0 komentar:

Posting Komentar