Pages

Subscribe Twitter

Minggu, 04 Desember 2011

wisata singapore

Jurong Bird Park
Singapore

Foto 1 dari  1Jurong Bird ParkFoto 1 dari  1Jurong Bird Park

A. Selayang Pandang

Ide pendirian Taman Burung Jurong atau Jurong Bird Park pertama kali digagas pada tahun 1968 oleh Dr. Goh Keng  Swee, Menteri Keuangan Singapura ketika itu. Beliau mengangankan sebuah taman burung sebagai tempat di mana orang dapat beristirahat atau bersantai di lingkungan yang alami. Taman burung ini merupakan taman burung pertama di Asia Tenggara yang dibangun dengan biaya sebesar S$3,5 juta, belum termasuk biaya untuk pembelian lahan.
Selama pembangunan taman burung ini, pemerintah Singapura meminta para duta besar dan orang asing yang berkedudukan tinggi di negeri itu untuk menyumbang berbagai jenis burung ke taman burung yang baru dibangun tersebut. Setelah itu, berbagai jenis burung dari seluruh dunia seperti finches (kutilang), pheasans (burung pegar), herons (bangau), mallards (itik jantan), owls (burung hantu), serta cockatoos (kakatua) mulai berdatangan. Pada hari pembukaan, tercatat setidaknya 12 negara, 7 kebun binatang, dan 40 penderma individu telah menyumbangkan burung-burung koleksinya ke Jurong Bird Park. Sejak 3 Januari 1971, Jurong Bird Park dibuka untuk umum. 

B. Keistimewaan

Taman Burung Jurong merupakan salah satu taman terbesar di Asia Pasifik serta taman burung terbaik di dunia dengan luas lahan 20,2 hektar taman terbuka serta memiliki koleksi lebih dari 9.000 burung dari 600 jenis. Koleksi taman burung ini umumnya merupakan jenis-jenis burung di Asia Tenggara.
Taman ini mempunyai empat sangkar burung yang besar, di mana para pengunjung dapat berjalan-jalan di dalam-nya. Pihak pengelola juga membuat air terjun untuk menambah rasa nyaman pengunjung ketika melihat pemandangan burung-burung dari Afrika dan Amerika Selatan. Para pengunjung juga dapat menyaksikan atraksi burung yang diadakan di Pool Amphitheatre dan Fuji Hawk.
Sangkar burung yang besar dirancang khusus seperti habitat aslinya.  Selain itu, ada juga tempat pemandangan terbuka dengan bunga-bunga eksotis seperti heliconias untuk menambah cantik pemandangan. Perjalanan di taman burung ini tentu akan menyajikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung dari seluruh dunia.

C. Lokasi

Jurong Bird Park terletak di 2 Jurong Hill, Singapore 628925, di daerah Barat Singapura.  Taman burung ini mudah sekali dicapai dengan berbagai jenis transportasi.  Jika ragu, pengunjung dapat menghubungi pengelola Taman Burung di (65) 6265 0022.

D. Akses

Taman Burung Jurong setiap hari buka dari jam 8.30—18.00 waktu setempat. Untuk menuju lokasi, para pengunjung dapat naik taksi atau mobil pribadi, MRT (Mass Rapid Transit), serta layanan bus yang tersedia setiap hari. Selain itu, pengunjung juga dapat memanfaatkan Panorail yang melayani setiap hari dari jam 8.30—18.00 waktu setempat. Namun, para pengunjung harus memperhatikan kereta terakhir yang berangkat dari stasiun pusat jam 17.45 waktu setempat.
Untuk mencapai Taman Burung Jurong dengan taksi atau mobil pribadi, pengunjung harus keluar di Pintu Keluar (Exit) no. 17 dari AYE. Dari PIE, pengunjung harus menggunakan Exit 36, kemudian belok kiri ke Jalan Bahar menuju arah Jalan Boon Lay dan terakhir belok kanan ke Jalan Ahmad Ibrahim untuk mencapai taman burung.
Pilihan transport lain adalah MRT dan bus umum. Pengunjung dapat naik MRT ke Boon Lay Station dan kemudian transfer ke SBS atau bus no 194 atau 251.
Cara lain untuk menuju ke Taman Burung Jurong adalah dengan memanfaatkan BusHub Services Pte Ltd yang melayani penumpang setiap hari. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat mengunjungi situs www.bushub.com.sg, atau menghubungi pengelola di nomor telepon 6753 0506, atau bisa juga menghubungi via email di alamat: enquiry@bushub.com.sg.
Layanan bus setiap hari ini membawa pengunjung langsung dari tempat penjemputan sampai ke Taman Burung Jurong dan kembali lagi. Harga untuk satu kali perjalanan adalah S$4.00 untuk orang dewasa dan S$2.00 untuk anak-anak.

E. Harga Tiket

Harga karcis untuk para pengunjung adalah S$18.00 untuk dewasa dan S$9.00 untuk anak-anak (anak-anak berumur 3—12 tahun). Di taman ini juga ada layanan perjalanan dengan panorail dengan biaya S$5.00 untuk dewasa dan harga S$2.50 untuk anak-anak.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Ada banyak tempat untuk makan di daerah Taman Burung Jurong. Ada beberapa kios yang menyediakan makanan kecil, nasi, dan bakmi. Ada juga restoran yang menyediakan burger dengan daging yang lezat dan tanpa minyak dengan servis a la Amerika, serta pilihan-pilihan makanan lainnya yang juga enak untuk dimakan.
Taman Burung Jurong juga memiliki toko suvenir yang menawarkan berbagai pilihan cenderamata untuk dibawa pulang, sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Ada pula tempat-tempat untuk bersantai di sekitar Taman Burung, di mana para pengujung dapat beristirahat serta terlindung dari panas sinar matahari dan hujan.
(

0 komentar:

Posting Komentar